Jadwal Lengkap Belajar Online Dirumah Siaran TVRI Mulai Dari PAUD, SD, SMP, Dan SMA Sederajat


Jadwal pembagian jam tayang untuk program Belajar dari Rumah di TVRI setiap harinya.
SENIN - JUM'AT

08.00 - 08.30 WIB - Program untuk PAUD
08.30 - 09.00 WIB - Program untuk Kelas 1-3
10.00 - 10.30 WIB - Program untuk Kelas 4-6
10.30 - 11.00 WIB - Program untuk jenjang SMP
14.00 - 14.30 WIB - Program untuk jenjang SMA
14.30 - 15.00 WIB - Program Pengasuhan dan Pendidikan Anak
19.00 - 23.30 WIB - Film Terbaik Indonesia

SABTU - MINGGU
08.00 -23.00 WIB - Tayangan Kebudayaan dan Film Terbaik Indonesia.

Jadwal Lengkap Belajar Online Dirumah Siaran TVRI Mulai Dari PAUD, SD, SMP, Dan SMA Sederajat Pasca Pandemi Covid 19 Senin sampai Minggu - Merebaknya Pandemi Virus Corona / Covid 19 membuat banyak kantor dan sekolah belajarnya didalam rumah aja. Kagetnya lagi program ini baru dilakukan karena adanya Covid 19, banyak guru / pendidik yang mencari tau bagaimana cara mengajarkan siswanya supaya bisa diajarkan tanpa perlu di Sekolahan.



Mulai dari pembelajaran daring online lewat aplikasi Whatsapp yang mana membuat group  to group, tetapi hal ini juga tidak bisa dilakukan karena terbatasnya akses di group, mulai dari jumlah teman yang dibatasi dan video Callnya juga hanya bisa untuk 4 orang tidak bisa menambah seperti aplikasi Zoom.

Pembelajaran Online Lewat Instagram juga dilakukan tetapi tidak bisa juga dilakukan, lanjut dengan menggunakan aplikasi Zoom yang mana aplikasi ini bisa video call sampai ratusan muka, dan ini cukup akurat, tetapi dalam hal sinyal yang membatasi semuanya, maka dari itu pemerintah membuat kerjasama dengan salah satu stasiun televisi milik pemerintah yaitu TVRI ( Televisi Republik Indonesia ).

Mulai dari hari Senin Tanggal 13 April 2020 siaran televisi TVRI akan menayangkan pembelajaran online atau daring lewat stasiun televisi TVRI, pastinya semua masyarakat mempunyai TV dan Parabola atau antenna UHF yang bisa menayangkan siaran tersebut.

Dengan pembelajaran melalui TVRI ini yang mana semua orang dirumah masing-masing mulai dari pelosok desa sampai ke kota pasti mempunyai yang namanya televisi maka pembelajaran online atau daring ini diharapkan akan menjadi solusi utama untuk saat ini demi berlangsungnya pendidikan di Indonesia.

Keuntungan jika belajar online melalui Siaran TVRI
Siswa bisa belajar di guru yang sama Siswa mendapatkan pembelajaran yang sama dan tidak terikat dengan Kurikulum yang tidak menentu karena adanya pihak seperti penerbit buku yang beda-beda.
Siswa tidak bingung lagi jika akan mengerjakan soal karena pembelajaran seluruh indonesia menggunakan kurikulum yang sama dan buku yang sama. dll

Kerugian Jika Belajar Online Melalui Siaran TVRI
Siswa yang kurang paham tidak bisa bertanya karena pembelajaran via Televisi dan semua live
Siswa Pasti banyak yang tidak mencatat, jadi daya ingatnya tidak akan berfungsi
Siswa tidak bisa mengerjakantugas dengan baik


Dengan adanya pengumuman resmi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim bahwa program Belajar dari Rumah lewat TVRI untuk anak-anak sekolah. Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI ini mulai diberlakukan pada hari Senin (13/4/2020) pagi.

Seluruh masyarakat baik orang tua siswa atau siswa sendiri dari segala jenjang pendidikan bisa menikmati tayangan-tayangan edukatif  selama berada di rumah.

Program Belajar dari Rumah adalah Upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat covid-19. Nadiem Makarim menjelaskan konten pembelajaran dalam program Belajar dari Rumah akan fokus pada literasi, numerasi, dan penumbuhan budi pekerti atau pendidikan karakter.

Program Belajar dari Rumah bisa dinikmati oleh anak-anak dari tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, hingga dewasa. Sementara, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud.

Pembelajaran Yang akan di Onlinekan Di Siaran TVRI
Pada Sabtu dan Minggu, ada durasi tiga jam khusus untuk program kebudayaan, antara lain :

Gelar wicara (talkshow)
Podcast
Kesenian
Magazine tentang perkembangan budaya dari seluruh Indonesia.

Malam Hari
Pemutaran film Indonesia
Film anak
Drama
Dokumenter.


Kemendikbud akan menyiapkan 720 episode untuk penayangan program Belajar dari Rumah selama 90 hari di TVRI. Saat ini Kemendikbud sudah menyiapkan tayangan untuk dua minggu pertama, sambil memproduksi untuk tayangan di minggu-minggu berikutnya.

Mendikbud Nadiem Makarim mengungkapkan alasan di balik kehadiran program Belajar dari Rumah di TVRI. Menurutnya, program ini untuk membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan pada akses internet, baik karena tantangan ekonomi maupun letak geografis.

Program Belajar dari Rumah ini dapat memperluas akses layanan pendidikan bagi masyarakat di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) yang memiliki keterbatasan akses internet maupun keterbatasan ekonomi. "Program ini merupakan respon cepat atas komplen, baik juga masukan dari komisi X. Hal ini sesuai dengan Merdeka Belajar," ujar Nadiem Makarim.

Nadiem menjelaskan, Kemendikbud juga menyadari banyak sekolah-sekolah yang tak punya akses internet untuk belajar. Dari literasi sampai pendidikan karakter Mendikbud Nadiem menjelaskan konten pembelajaran dalam program Belajar dari Rumah akan fokus pada literasi, numerasi, dan penumbuhan budi pekerti atau pendidikan karakter.

Kemendikbud juga akan melakukan monitoring dan evaluasi bersama lembaga pemerintah yang independen untuk mengkaji kualitas program Belajar dari Rumah, seperti mengukur apakah manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Karena itu Kemendikbud terbuka untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam hal pembelajaran, seperti membuat konten edukatif, edutainment, atau platform teknologi, baik dengan mitra yang berada di Indonesia maupun mancanegara.

Dari talkshow sampai pemutaran film Nadiem Makarim menjelaskan, materi program Belajar dari Rumah diambil dari berbagai sumber. Sebagian besar sudah diproduksi Kemendikbud sebelumnya, seperti dari TV Edukasi atau produksi konten unit kerja lain.

Jadwal pembagian jam tayang untuk program Belajar dari Rumah di TVRI setiap harinya.
SENIN - JUM'AT

08.00 - 08.30 WIB - Program untuk PAUD
08.30 - 09.00 WIB - Program untuk Kelas 1-3
10.00 - 10.30 WIB - Program untuk Kelas 4-6
10.30 - 11.00 WIB - Program untuk jenjang SMP
14.00 - 14.30 WIB - Program untuk jenjang SMA
14.30 - 15.00 WIB - Program Pengasuhan dan Pendidikan Anak
19.00 - 23.30 WIB - Film Terbaik Indonesia


SABTU - MINGGU


08.00 -23.00 WIB - Tayangan Kebudayaan dan Film Terbaik Indonesia.

Pembelajaran diatas akan dilaksanakan selama 3 bulan selama adanya pandemi Virus Corona Covid 19.

semoga artikel ini bisa bermanfaat y. jangan lupa untuk di share.

dari berbagai sumber