Tips Lolos Tes SKB CPNS 2019 - 2020


CPNS 2019 – Pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019 masih berlangsung sampai saat ini.

Hasil tes SKD CPNS 2019 akan menjadi penentu apakah peserta CPNS 2019 lolos atau tidak untuk ikut ujian SKB sebagai tahapan selanjutnya.
Data yang dihimpun oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Minggu (16/02/2020) pukul 18.00 WIB, sebanyak 1.982.837 peserta telah melakukan tes SKD.

Bulan November 2019, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjelaskan terkait materi utama Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019.

Materi soal SKB CPNS 2019 dibuat oleh instansi pembina jabatan fungsional.
Nantinya tes SKB menggunakan sistem CAT, berikut materi tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Instansi Pusat:

~Tes potensi akademik
~Tes praktik kerja
~Tes bahasa asing
~Tes fisik/sesamaptaan
~Psikotes, tes kesehatan jiwa, dan/atau wawancara sesuai yang dipersyaratkan oleh jabatan (sedikitnya dua jenis/bentuk tes).

Materi soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) ini bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang sesuai atau masih satu rumpun dengan jabatan fungsional terkait.

Sementara itu, jabatan yang bersifat sangat teknis atau membutuhkan keahlian khusus seperti pranata komputer, SKB dapat dilakukan dalam bentuk praktik kerja.

Untuk instansi daerah yang menyelenggarakan SKB selain menggunakan sistem CAT, wajib menetapkan pedoman/panduan pelaksanaan tes.

Tips Lolos Tes SKB CPNS 2019

1. Jangan datang terlambat, karena otomatis menggugurkan keikutsertaan. Akan lebih baik datang 60 menit bahkan 90 menit sebelum tes dimulai.

2. Ikuti aturan yang ada, syarat dan ketentuan pelaksanaan SKB yang telah ditetapkan oleh instansi dan tim BKN.

3. Baca dan teliti, dan ketahui posisi formasi yang kamu lamar.

4. Pelajari Permen PAN yang terkait dengan jabatan yang kamu lamar.
5. Lewati soal-soal yang dirasa sulit dan kerjakan soal-soal mudah terlebih dahulu.

6. Pastikan mengerjakan semua soal, karena soal benar mendapatkan poin 1, dan salah mendapatkan poin 0. Sehingga kamu lebih baik mengisi jawaban dari pada mengosongi jawaban.

Itulah informasi mengenai Tips Lolos Tes SKB CPNS 2019 - 2020. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sumber: Tribunnews.com (18/02/2020)